Setiap orang pastinya memiliki rasa rindu, entah rindu dengan kekasih, orang tua, dan lain-lain. Rasa rindu berada dalam diri manusia yang di dalamnya terdapat keinginan untuk bertemu dengan orang yang dirindukan. Rasa rindu akan terobati bila Anda sudah berhadapan langsung dengan siapa yang dirindukan.

Namun untuk menaklukan rasa rindu bukan berarti kita harus bertemu secara langsung dengan orang yang dirindukan. Kita dapat mengungkapkannya melalui sebuah puisi agar rasa rindu itu bisa hilang. Puisi yang harus dibuat adalah puisi rindu; yang memiliki makna yang sangat mendalam sesuai dengan isi hati.

Sebelumnya, anda harus tahu terlebih dahulu, apa itu puisi rindu? Puisi rindu adalah suatu puisi dalam bentuk karya sastra yang di dalamnya mengandung unsur kerinduan terhadap seseorang atau sesuatu yang sedang dirindukan. Puisi rindu dapat diutarakan di mana saja. Lebih penting lagi, kalau puisi itu sampai kepada orang yang dirindukan.
Membuat puisi rindu tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni harus dibuat dengan isi hati supaya dapat memberikan kesan yang mendalam. Nah, masih bingung seperti apa itu puisi rindu? Beberapa contoh puisi berikut mungkin saja dapat menjawabnya.

Ibu

Air mataku selalu berkaca-kaca bila teringatmu
Jarak yang jauh membuatku rindu
Rindu akan suapanmu
Rindu akan kasih sayangmu

Hati ini ingin segera pulang
Wajahmu selalu terbayang-bayang>
Di saat malam ataupun siang
Inginku bertemu ibuku sayang

Penjelasan: Puisi di atas menceritakan seorang anak yang sangat merindukan ibunya dari jarak kejauhan. Anak itu merindukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh ibunya, seperti masakan ibunya, kebersamaan dengn ibunya, dan lain-lain. Keinginannya untuk segera pulang membuat wajah ibunya selalu terbayang-bayang.

Handphoneku Bergetar

Di malam yang hening dan sunyi
Tiba-tiba handphone ku bergetar
Entah siapa yang menelponnya
Sepatah kata terucap dari bibirnya
“Aku merindukanmu”

Hatiiku berbunga-bunga
Kekasih yang merindukannya

Penjelasan: Contoh puisi di atas menceritakan seseorang yang merindukan kekasihnya. Sebuah rindu yang diutarakan melalui sebuah smartphone atau handphone, dengan tiba-tiba menelponnya, sang kekasih merasa terkejut setelah mendengar seulas kata rindu yang terucap dari bibirnya. Hal itu membuat perasaannya menjadi tersentuh karena ditelpon oleh orang yang disayang.

Hanya Dalam Angan

Pria itu selalu muncul di pikiranku
Setiap saat, aku selalu mengingatnya
Apakah ini yang dinamakan rindu?
Bagaimana dengan dia?

Aku merindukan tingkahnya
Aku merindukan kehangatannya
Rinduku sangat erat padanya
Namun ini semua hanya angan saja

Penjelasan: Pada puisi di atas menceritakan seseorang yang rindu kepada orang lain namun hanya dalam angan saja. Tidak bisa diutarakan secara langsung kepada orang yang dirindukan. Perasaan seperti ini seringkali terjadi kepada seseorang bila hatinya saling tersentuh. Lama kelamaan rasa rindu itu akan berubah menjadi sebuah cinta nantinya.

Ketiga puisi di atas sama-sama menggambarka seseorang yang sedang rindu, namun rindu yang dialaminya ditujukan kepada orang yang berbeda-beda, seperti ibu, kekasih dan lain-lain. Membuat puisi rindu harus dengan sepenuh hati, supaya puisi yang dihasilkan dapat menyentuh hati yang membaca puisi tersebut juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here