Cara Mudah Menulis Puisi
Menulis Puisi itu Mudah

Menulis puisi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk melepaskan jiwa seni kita ke dalam ekspresi kata-kata yang indah. Membuat puisi harus dilakukan dari dasar hati supaya dapat memberikan hasil yang maksimal. Sehingga, puisi yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca untuk selalu membaca dan menikmati puisi-puisi karya kita berikutnya.

Banyak orang yang pesimis terlebih dahulu sebelum mencoba untuk membuat puisi. Mereka khawatir akan kata-kata yang dirangkai apakah dapat memberikan hasil yang maksimal atau tidak. Sehingga, semangat menulis mereka semakin menurun. Jika tekad belajar untuk menulis puisi sangat tinggi, pastinya kita bisa untuk melakukan itu.

Kita biasanya mulai belajar puisi ketika duduk di bangku sekolah. Puisi dapat dijadikan sebagai tolok ukur untuk melatih kemampuan kita ke depannya. Untuk melatih kemampuan menulis puisi yang baik, biasanya Sekolah mengadakan lomba menulis puisi. Sebuah kesempatan besar yang dapat kita ambil, untuk mengasah kemampuan yang kita miliki.

Mulailah dari kompetisi antar siswa di kelas masing-masing. Dari situ akan kelihatan, siapa yang memiliki bakat menulis yang baik. Yang terbaik di kelas, selanjutnya bisa mengikuti kompetisi yang lebih tinggi lagi, misalnya ikut di lomba tingkat kabupaten untuk mewakili sekolah. Semakin tinggi ajang perlombaan yang diikuti, maka mental pun akan semakin terasah, rasa senang tak terkira akan didapatkan bila akhirnya berhasil menjadi juara.

Belajar menulis puisi bisa dilakukan di mana saja, kita bisa bertanya ke orang yang sudah berpengalaman ataupun pakar puisi. Karena jaman yang semakin canggih, kita bisa belajar melalui media internet. Berikut ini beberapa cara untuk menulis puisi yang baik dan benar.

1. Tentukan Tema dan Judul

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan Tema dan Judul yang akan dibuat. Banyak sekali contoh tema yang bisa dipilih seperti kesehatan, percintaan, keagamaan atau tema yang lainnya. Setelah tema sudah ditentukan, kemudian kita harus membuat judul.

Membuat judul sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Judul fungsinya untuk mempersempit tema. Misalnya, jika tema yang dipilih adalah tentang keagamaan, maka tinggal dibuat judul yang ada hubungannya dengan hal agama seperti shalat 5 waktu, surga, neraka, dan lain-lain.

2. Menentukan Kata Kunci

Langkah kedua yang bisa dilakukan yaitu menentukan kata kunci dalam membuat sebuah puisi. Kata kunci yang dipilih harus sesuai dengan tema puisi yang akan dibuat. Dengan menggunakan kata kunci, bisa dimaparkan lebih jelas kalimat selanjutnya yang akan dibuat.

3. Gaya Bahasa

Setelah menentukan kata kunci, selanjutnya yang adalah membuat puisi dengan gaya bahasa sebaik mungkin. Pada awalnya, mungkin puisi yang dibuat menggunakan bahasa yang biasa-biasa saja. Jika sudah terbiasa, kita bisa membuat puisi dengan gaya bahasa yang semakin indah.

4. Mengembangkannya Seindah Mungkin

Setelah ketiga teknik menulis puisi di atas dikuasi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah tinggal mengembangkannya saja. Kita dapat menyusun kata-kata supaya lebih rapi, lirik yang jelas, dan penyesuaian tanda baca yang tepat. Sehingga puisi yang kita buat akan lebih terlihat sempurna.

Kesimpulannya, dengan menguasai 4 teknik menulis di atas, pastinya kita akan bisa menulis puisi dengan baik. Jangan lupa untuk terus mencoba dan terus belajar supaya menjadi lebih baik, dan tetap semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here