Contoh Puisi Pendek tentang Percintaan

Puisi biasanya dijadikan seseorang untuk menyampaikan ungkapan isi hantinya kepada seseorang, contohnya saja puisi pendek tentang percintaan. Hal tersebut mempunyai alasan, karena puisi dapat mengandung kalimat yang indah. Sehingga akan membuat para pendengar atau pembaca dapat menikmati dan merasakan isi dari puisi itu. Tidak jarang, syair dalam puisiĀ  dapat menenangkan hati siapapun yang mendengarnya.

Agar lebih memahami apa arti puisi maka dapat disimak ulasan di bawah ini, yakni tentang pengertian puisi menurut para ahli:

Menurut H.B. Jassin,

Puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung suatu fikiran-fikiran dan tanggapan-tanggapan.

Menurut Herman Waluyo

Puisi adalah suatu kaya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memfokuskan semua kekuatan bahasa dalam sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.

Menurut James Reevas

Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.

Pernyataan di atas merupakan pendapat para ahli tentang pengertian puisi. Dengan demikian memudahkan para pembaca dalam memaknai akan arti sebuah puisi atau karya tulis seseorang.

Dalam membuat puisi, hal yang sangat penting dan harus diperkuat adalah cara menuangkan perasaan ke dalam puisi tersebut. Rasa merupakan sikap yang dimunculkan oleh sang penyair terhadap suatu masalah atau ungkapan dalam puisi.

Biasanya perasaan sangat berkaitan erat dengan latar belakang seorang penulis. Namun untuk menuangkan rasa dalam sebuah puisi kadang tidaklah mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya ialah tekad sang penulis itu sendiri.

Terlebih lagi, apabila puisi yang dibuat merupakan puisi pendek yang tentu menggunakan kata-kata yang secukupnya, atau sedikit. Berikut ini adalah beberapa contoh puisi pendek yang mengandung isi tentang percintaan.

HARUS PAKAI HATI

Jika tak ingin salah menaruh hati, maka kenali aku dengan hati-hati
Jangan berlari seperti kelinci, mencuri-curi pandang bagai pengintai
Ini aku sang pemilik hati, jangan seenaknya engkau curi

MUAK

Aku muak, melihat wajahmu aku muak
Dasar sang pembual, apakah kau pikir aku ini tamak
Tak ada kamu aku bisa, yang kau berikan padaku hanyalah lemak

HATIMU JAMAK

Dasar sang pujangga semuanya kau buat jatuh cinta
Apakah hatimu ada dua ataukah lima
Seenaknya kau menaruh hati pada banyak wanita

Puisi tentang cinta biasanya berisi tentang ungkapan perasaan hati seseorang yang menaruh hati kepada pria atupun wanita. Namun biasanya juga sering kali juga berisi bahan sindiran untuk mewakili emosi atau ungkapan hatinya yang sedang terluka ataupun sedang bahagia.

Tak heran bahwa puisi percintaan ini sangat melekat pada jiwa kaum muda ataupun remaja. Puisi percintaan ini kerap kali dijadikan quotes untuk mewakili perasaan yang sedang mereka alami atau mereka rasakan, dengan harpan seseorang yang di-mention atau dimaksud dapat terbawa perasaan atau yang sering dikenal dengan kata BAPER.

Leave a Comment