Contoh Puisi
Contoh Puisi

Apakah yang kalian tahu, tentang apa itu puisi cinta? Sesuai dengan namanya, puisi cinta merupakan puisi yang di dalamnya mengandung kata-kata romantis. Puisi cinta biasanya ditujukan kepada orang-orang yang tersayang seperti orang tua, kekasih dan lain-lain. Puisi ini jika dibacakan bisa menyentuh perasaan seseorang apalagi jika dibacakan syair yang merdu.

Dari anak-anak hingga dewasa, puisi cinta banyak lah digemari, terutama oleh kalangan para remaja. Masa-masa inilah yang biasanya sudah muncul adanya tanda-tanda cinta; mereka sudah bisa merasakan perasaan suka sama suka antara lawan jenis. Bila sudah ada kepastian, mereka tinggal melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

Untuk mengungkapkan rasa cinta, seseorang memiliki berbagai macam cara. Ada yang memberikan barang-barang mevvah supaya pacar kita senang, atau membelikan barang-barang favorit, bahkan ada juga yang hanya mengungkapkan perasaan dengan melalui kata-kata saja.

Apabila kalian jatuh cinta kepada seseorang, kalian bisa mengungkapkan perasaan melalui sebuah puisi. Ada banyak sekali contoh puisi cinta yang bisa kalian gunakan untuk menaklukan hati orang yang kalian suka. Berikut ini adalah sedikit saja contoh puisi cinta.

Jatuh Cinta Pandangan Pertama

Ku bertemu gadis kemayu di jalananan
Melirik diriku dengan penuh tatapan
Senyumannya yang menawan
Membuat hatiku berterbangan

Setiap kali aku selalu mengingatnya
Wajahnya yang cantik bagai bidadari surga
Entah apa yang sedang kurasa
Apakah ini yang dinamakan jatuh cinta pandangan pertama?

Penjelasan: Puisi di atas menceritakan kisah seseorang yang mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama. Hatinya tersentuh oleh wanita yang baru dilihat meski baru pertama kalinya bertemu. Wanita tersebut selalu ada di bayangannya di setiap saat, bahkan ia tidak bisa melupakannya dan ingin sekali bertemu kembali dengannya.

Wanita memang begitu!

 

Apakah Dia Mencintaiku?

Aku suka sekali dengan matanya
Aku juga suka dengan uraian rambutnya
Terlebih lagi, ketika melihat ia tersenyum
Membuatku semakin yakin untuk mencintainya

Rasa malu terus menyelimutiku
Tak berani bila berbicara dengannya
Apakah dia mencintaiku?
Aku benar-benar takut, bila dia menolakku

Penjelasan: Puisi di atas merupakan penggambaran seseorang yang ingin mengungkapkan perasaan cintanya namun ia merasa takut bila wanita yang dicintainya tidak suka kepadanya. Rasa malunya menumbuhkan perasaan takut untuk berbicara kepada orang yang dicintainya.

Antara takut dan kecewa kalau ditolak ya…

 

Cinta Akan Abadi

Bersamamu membuatku merasa nyaman
Segala hambatan akan terasa ringan
Tak peduli apapun yang akan terjadi
Cintaku padamu akan tetap abadi
Walau maut memisahkan kita

Penjelasan: Puisi di atas menceritakan tentang kisah cinta seseorang yang sangat setia meski akan menghadapi segala hambatan dan rintangan. Cinta yang diberikan sangat tulus dan ikhlas, ia berjanji cintanya akan selalu abadi sampai maut memisahkannya.

Awas ya, kalau cuma janji doang.

Ketiga puisi di atas sama-sama menceritakan tentang kisah cinta di dalamnya. Masing-masing puisi memiliki makna yang berbeda di mana puisi pertama menceritakan tentang kisah seseorang yang jatuh cinta pada pandangan pertama, puisi kedua menceritakan kisah seseorang yang menanyakan apakah orang yang dicintainya juga mencintai dirinya. Semoga tidak bertepuk sebelah tangan ya. Huhu

Sementara puisi ketiga menceritakan kisah seseorang yang akan terus mencintai istrinya sampai maut memisahkannya. Tentunya ketiga puisi di atas memiliki makna yang sangat mendalam dan dapat menyentuh perasaan. Lebih lagi jika puisi di atas diutarakan secara langsung kepada seseorang yang kalian cintai, pastinya akan luluh dengan seketika. Bener banget!

4 COMMENTS

  1. Wah terimakasi untuk artikelnya sangat bermanfaat sekali min. Kebetulan saya sangat suka dengan puisi-puisi cinta karena maknanya dalam dan begitu tersirat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here