Puisi Pendek yang Penuh Kehangatan dan Bersahaja

Kopi dan Puisi
Secangkir kopi dan Puisi

Apa sih yang kalian ketahui tentang puisi pendek? Puisi adalah suatu gagasan dalam bentuk karya sastra yang diungkapkan secara emosioal melalui perasaan dengan melontarkan kata-kata yang indah. Puisi pendek sendiri memiliki makna yang sama, hanya saja jumlah kata yang membedakannya. Sesuai dengan namanya, puisi pendek berarti puisi yang jumlah katanya pendek atau sedikit.

Meskipun puisi pendek memiliki jumlah kata yang sedikit atau singkat, namun di dalamnya memiliki makna yang sangat mendalam. Beragam jenis puisi pendek yang bisa kalian buat seperti tentang persahabatan, kerinduan, percintaaan dan masih banyak tema lainnya. Inti dari puisi pendek adalah ketika ia memiliki makna yang sangat mendalam meski jumlah katannya hanya sedikit.

Jika ingin tahu lebih lanjut seperti apa puisi pendek itu, langsung saja simak contohnya berikut ini.

Dingin

Angin malam menyelimuti tubuhku
Menggerogoti serpihan tubuh serta menggigilkanku
Menembus tulang terbujur kaku

Penjelasan: Puisi tersebut menjelaskan bahwa dinginnya angin malam dapat membuat seseorang menggigil dan terbujur kaku. Tentu saja, angin malam memiliki kedinginan yang berbeda dibandingkan dengan angin di siang hari. Dinginnya angin malam bisa menembus jaket yang tebal, bahkan hingga ke tulang.

Sebaiknya jangan sering begadang ~ bang Rhoma

Mentari

Pagiku disambut dengan penuh kehangatan
Ia tersenyum dan memberikan sanjungan
Matahariku, yang selalu menemani insan

Penjelasan: Puisi tersebut menjelaskan mengenai sang mentari atau matahari yang selalu menyambut para manusia dengan penuh kehangatan. Matahari terlihat selalu memberikan senyuman dan tak pernah marah.

Seperti kamu. (apa sih)

Uang

Mengapa kau selalu berada di pikiranku?
Bila tak ada dirimu
Semuanya menjadi lesu

Penjelasan: Uang merupakan salah satu hal yang paling berharga yang ada di dunia ini. Bahkan, uang selalu berada di pikiran setiap manusia karena mereka selalu membutuhkannya. Uang juga menjadi bahan penyemangat manusia, bila tidak ada uang pastinya mereka akan kebingungan hingga lemas. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa uang adalah segalanya.

Namun, uang tidak ada artinya apa-apa, kalau tidak dibelanjakan.

 

Rokok

Sekali mencobamu tak bisa terhentikan
Jiwa dan raga ini selalu memanggilmu di saat kesepian
Candumu berhasil menaklukan insan

Penjelasan: Rokok merupakan salah satu benda yang bisa dibilang berbahaya. Banyak orang yang sudah mencobanya, dan sekali melakukan akan terus ketagihan sampai kapanpun. Meskipun ingin sekali menghindari untuk tidak merokok, mungkin itu hanya bertahan sesaat saja. Kalian bisa terpincut ketika bergaul dengan teman yang perokok atau ketika sedang sendirian dan tidak memiliki aktivitas lain. Rokok telah memberikan candu kepada semua manusia yang pernah mencobanya.

Sebaiknya kalian jauhi rokok, karena bisa kecandua akannya. Lebih baik kalian kecanduan menulis puisi bukan?

Gitar

Alunan nada yang kau berikan kepadaku
Menyentuh hati dan menarik perhatianku
Ku mainkan dirimu sesuai isi hatiku

Penjelasan: Gitar menjadi salah satu alat musik yang paling menyentuh perasaan ketika dimainkan. Nada-nada yang ada di dalamnya dapat memberikan rasa yang mendalam bagi yang mendengarkannya. Tak heran, banyak sekali orang-orang yang bermain gitar untuk menggembirakan hatinya.

Lebih baik memainkan gitar, daripada memainkan yang lain. Percayalah…

 

Guru

Kesabaran berada di dalam lubuk hatinya
Memberikan jasa tiada tara
Dia, guruku tercinta

Penjelasan: Guru merupakan seorang pahlawan tanpa tanda jasa, Ia mengajarkan kepada muridnya supaya menjadi lebih baik dan pintar. Meski seringkali mendapatkan murid yang sangat nakal, kesabarannya sangat luar biasa untuk menanganinya. Siapapun yang sukses sekarang, itu semua juga karena ilmu yang diberikan oleh gurunya.

Ternyata ini puisi untuk Pak guru, Pak Sabar namanya.

Itulah beberapa contoh mengenai puisi pendek, jumlah kata yang ada di di dalamnya tidak terlalu panjang. Puisi tersebut bisa kalian pelajari dan diambil sebagai bahan pembelajaran ketika ada tugas dari sekolah, misalnya.

2 thoughts on “Puisi Pendek yang Penuh Kehangatan dan Bersahaja”

  1. Terima kasih telah berbagi informasi tentang puisi pendek. Sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Sehingga saya bisa lebih bersemangat lagi untuk menulis puisi.

    Reply
  2. Artikel ini memberikan penjelasan yang cukup singkat dan menarik tentang puisi pendek. Dari beberapa jenis puisi, menurut saya puisi pendek memang memiliki daya tarik yang lebih. Keunikannya, yakni terbatasnya jumlah kata tetapi memiliki makna yang mendalam, membuat saya berkontemplasi dan kadang tertantang untuk menuliskan salah satunya.

    Reply

Leave a Comment