Peperangan

Bagaimana sih caranya menulis puisi tentang pahlawan? Puisi merupakan suatu karya sastra yang di dalamnya terkandung kata-kata yang indah. Membuat puisi bisa dibilang gampang-gampang susah, tergantu kepada kemauan diri kita masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat puisi bertemakan pahlawan.

Puisi kepahlawanan berarti puisi yang di dalamnya mengandung unsur-unsur dan semangat kepahlawanan, patriotism dalam membela negara. Sebelum membuat puisi tentang pahlawan, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu contoh-contohnya seperti apa. Beberapat contoh puisi pahlawan sebagai berikut.

Medan Perang

Terbakar semangat api membara
Menjadikan tempat penuh darah
Mayat-mayat rekap berbaring
Tergeletak di medan perang

Penjelasan: Puisi di atas menggambarkan suasana medan perperangan yang di dalamnya banyak sekali darah yang tertumpah akibat perang. Mereka pun sampai merelakan nyawanya hanya untuk Indonesia pahlawan.

Penjajah

Kau datang tak diundang
Mengusik kami secara tiba-tiba
Kau kuasai wilayah kami
Kau rebut segalanya dari kami
Entah apa maumu
Tak ku biarkan negeri ini jadi milikmu

Penjelasan: Puisi tersebut menceritakan kisah penjajah yang datang ke Indonesia. Mereka ingin menguasai Indonesia dengan segala cara, namun upaya mereka berhasil dihentikan oleh para pahlawan kita. Untuk itu, kita harus menghargai jasa mereka yang telah berjuang untuk Indonesia.

Nah, itulah tadi dua contoh puisi pendek yang bertemakan kepahlawanan. Melalui puisi tersebut, kalian mendapat gambaran seperti apakah puisi pahlawan itu. Sekarang, saatnya kalian memahami cara membuat puisinya.

Cara Membuat Puisi Kepahlawanan

Membuat puisi kepahlawanan bisa kalian lakukan seperti berikut.

1. Buat Judul
Buatlah judul yang berhubungan dengan kepahlawanan, judul tersebut nantinya akan menjadi intisari dari puisi yang kalian buat. Kalian harus membayangkannya terlebih dahulu sebelum membuat judul, kira-kira apa yang pernah terjadi di masa lalu. Bila sudah, baru kalian tuliskan judul yang ingin dibuat. Beberapa judul yang dapat dijadikan contoh adalah Pahlawanku, Segumpal Darah, Jendral Soedirman dan lain-lain.

2. Tuliskan Kata-Kata sesuai Judul
Langkah selanjutnya yaitu tinggal menambahkan kata-kata. Untuk menambahkannya kalian harus melihat pokok inspirasi dari judul yang kalian buat. Misalkan judul yang dibuat adalah ‘Jendral Soedirman’ Kalian tinggal memasukan kata-kata yang berhubungan dengan sosok Jendral Soedirman seperti profil, perjuangan apa yang dilakukan, dan lain-lain yang menyangkut dirinya.

3. Gaya Bahasa
Gaya bahasa untuk membuat puisi kepahlawanan bisa dibuat dengan bahasa yang sederhana maupun gaya bahasa yang tinggi. Namun untuk puisi jenis ini, biasanya digunakan bahasa yang sederhana, dan kata-kata yang padat makna. Tapi jangan lupa untuk tetap menggunakan gaya bahasa seindah mungkin. Hal itu supaya dapat memberikan kesan dan makna, agar bisa menarik perhatian pembaca.

4. Perhatikan Tanda Baca
Langkah yang terakhir adalah memperhatikan tanda baca. Untuk membuat puisi kepahlawanan ini kalian juga harus memperhatikan tanda bacanya apakah sudah tepat atau belum. Seperti halnya kalimat yang diawali dengan apa, bagaimana, mengapa itu harus menggunakan tanda tanya.
Penggunaan tanda koma juga harus tepat, jangan sampai pembaca akan terceletot, bingung bila membaca puisi yang kalian buat karena salah tempat penggunaan tanda bacanya.

Itulah beberapa contoh dan tips cara membuat puisi kepahlawanan, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here