Tips Singkat Cara Membuat Puisi

Cara Mudah Menulis Puisi
Menulis Puisi itu Mudah

Bagaimana sih cara membuat sebuah puisi? Membuat puisi bisa dibilang susah-susah gampang, tergantung kepada diri kita masing-masing. Sehingga, jika kalian sering mengasah kemampuan untuk membuat puisi, pastinya suatu saat akan melihat celahnya. Termasuk mengenali tips bagaimana menulis sebuah puisi yang baik.

Menulis puisi merupakan suatu kegiatan mengungkapkan ide atau gagasan dalam bentuk kalimat.  Ia ditulis dengan gaya bahasa yang indah. Nah, jika ingin menghasilkan puisi yang baik, kalian harus membuatnya, dan  sesuai perasaan dan sepenuh hati.

Sebelum kita lanjutkan ke cara pembuatan puisi, berikut ini contoh sebuah puisi yang mungkin dapat dijadikan inspirasi.

Guru

Aku pintar berkat dirimu
Disiplin berkat dirimu
Berdiri di sini karenamu
Oh guruku,
Kesabaran selalu ada dalam hatimu
Kau patut dijadikan panutanku

Penjelasan: Pada puisi tersebut menceritakan sosok guru yang begitu istimewa di mata setiap orang. Berkat guru, semua orang bisa berubah.  Dari yang sebelumnya tidak bisa, lalu menjadi bisa. Dari yang tadinya buruk, kemudian menjadi baik; dan seterusnya. Guru memiliki kesabaran yang sangat luar biasa. Ia memang patut menjadi panutan setiap murid-muridnya.

Cara Membuat Puisi

Setelah Anda melihat contoh puisi di atas, mari kita belajar bagaimana cara seperti membuat puisi sesuai langkah-langkah berikut ini.

1. Tentukan Tema
Langkah pertama untuk membuat puisi yaitu menentukan tema yang akan dibuat terlebih dahulu. Anda bisa membuat puisi bertemakan pendidikan, keagamaan, kebudayaan, percintaan dan lain-lain sesuai keinginan Anda.

2. Buat Judul
Setelah tema sudah ditentukan, kalian tinggal membuat judulnya saja. Judul sebaiknya singkat dan memiliki makna yang jelas. Seperti halnya bila kalian membuat puisi bertemakan pendidikan, kalian bisa membuat puisi dengan judul guru, murid sekolah, buku, kelas, dan lain-lain yang berhubungan dengan pendidikan.

3. Pilih Bentuk Puisi
Setelah judul sudah ditentukan, kalian harus memilih bentuk puisi apa yang akan dibuat. Beragam jenis puisi yang dapat kalian buat di antaranya adalah puisi pantun, syair, dan lain-lain. Buatlah puisi sesuai keinginan, termasuk jumlah barisnya; bisa 3, 4, 5, dan seterusnya.

4. Tulis Kata-Kata yang Akan Dibuat
Selanjutnya Anda tinggal menuliskan kata-kata yang akan dibuat, tulis terlebih dahulu sesuai apa yang ada di pikiran Anda. Jangan pedulikan salah terlebih dahulu. Nantiya ada kesempatan untuk mengecek kembali tulisan yang dibuat apakah kata-katanya sudah benar dan seperti yang diharapkan.

5. Buatlah Tulisan dengan Kata-Kata yang Indah
Langkah ini dilakukan jika kalian sudah terbiasa menulis ya guys! Anda harus menggunakan kata-kata yang indah supaya dapat menarik pembacanya. Kalian harus membuatnya dengan penuh perasaan supaya makna dalam puisi yang kalian buat menjadi lebih terkesan.

Dengan melakukan kelima cara di atas, pastinya kalian akan lebih mahir dalam menulis puisi. Menulis puisi memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya, untuk yang masih bersekolah, ketika ada lomba menulis puisi antar sekolah,  kalian bisa mewakili sekolah kalian untuk mengikuti lomba menulis puisi. Tidak ada hal yang sulit dalam dunia ini sebelum mencobanya. Nah, bagi kalian yang belum mencoba untuk membuat puisi harus berani untuk mencobanya ya guys.

This Post Has One Comment

  1. Tipsnya bagus. Saya sendiri baru tahu kalau suka nulis puisi sekitar umur 16an. Itupun nggak sengaja karena tugas sekolah disuruh unjuk bakat. Saya nekat aja bikin puisi. Tapi sebelum itu sempat mencibir puisi karena menganggap yg suka puisi adalah lebay. Ternyata salah besar

Leave a Reply

Close Menu