Bagi kalian yang sedang belajar membuat puisi, atau sedang mendapatkan tugas dari sekolah, kini saatnya kalian tunjukkan bahwa membuat puisi itu mudah. Semua orang pada dasarnya dapat membuat puisi. Hanya perlu sedikit saja keyakinan, bahwa kita dapat membuat puisi, bahkan yang paling indah sekalipun. 

Membuat puisi adalah seperti berbicara. Sudah pasti ada yang perlu disampaikan bukan? Untuk itu kalian setidaknya punya sesuatu yang dapat disampaikan. Semakin kalian sering membaca puisi, kalian akan memiliki semakin banyak ide, atau rujukan contoh puisi.

Setelah kalian mempelajari 3 aspek dalam puisi, selanjutnya kalian bisa mengikuti beberapa tahapan atau cara menulis puisi dengan baik dan benar berikat ini.

Menentukan gaya puisi

Kalian dapat menentukan gaya puisi sesuai dengan keinginan atau kesukaan kalian. Misalnya kalian ingin menuliskan puisi dengan gaya yang modern, kekinian, atau puisi lama. Ini adalah hal mendasar yang harus kalian tentukan lebih dulu. Sesuaikanlah dengan tujuan penulisan puisinya. Apakah untuk tugas sekolah, ikut kompetisi, atau akan dijadikan bahan di media sosial.

Menentukan tema dan judul

Pilihlah tema dan judul yang menarik. Fokuslah ke dalam satu tema. Kalian benar-benar harus dapat menyaringnya dari sekian banyak tema puisi yang ada. Akan lebih mudah jika temanya sudah ditentukan oleh sekolah (misalnya). 

Jika tema sudar didapatkan, kalian persempit lagi menjadi sebuah judul. Misalnya, untuk tema “Liburan Sekolah”, kalian dapat membuat puisi dengan judul “Pantai Kenangan”, karena kalian berlibur ke pantai — misalnya.

Membayangkan suasana

Tuliskanlah semua hal yang kalian rasakan ke dalam bait-bait puisi. Untuk memperkaya isi puisi, kalian dapat menambahkan hal-hal, dan suasana yang kalian harapkan, meskipun tidak kalian alami. Di sinilah kalian bebas berimajinasi, membayangkan segala hal. Bahkan hal yang tidak terduga sekalipun! Itu akan membuat pembaca puisi akan semakin penasaran.

Menggunakan gaya bahasa

Untuk menambahkan kesan lebih atas kata dan frasa di puisi, kalian dapat menggunakan gaya Bahasa yang sesuai. Dopat kalian gunakan majas, metafora, atau personifikasi, sehingga puisi kalian menjadi lebih hidup’.

Kembangkan puisi seindah mungkin

Karena puisi itu berbeda dengan prosa, esai, atau karya tulis lainnya, kalian harus dapat mengembangkan puisi yang ringkas menjadi lebih indah.

Kembangkanlah dari mulai memilih kata yang tepat, misalnya dengan menggunakan padanan katanya atau kata yang jarang didengar. Susunlah ke dalam bait-bait yang padat dan rapi. Sehingga antara satu bait dengan bait berikutnya memiliki ikatan emosional yang kuat, menambah keindahan makna puisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here