Menuliskan Perasaan ke Dalam Puisi Cinta

Puisi cinta menjadi salah satu karya sastra yang sering digunakan untuk menyampaikan perasaan akan cinta. Pada umumnya, perasaan seseorang yang tengah memendam sebuah rasa cinta, dapat dengan mudah dituangkan ke dalam karya puisi.

Terkadang puisi cinta berisi sebuah harapan seseorang terhadap pasangannya. Karya sastra ini juga mampu membuat pembacanya merasakan perasaan yang sama, misalnya kerinduan terhadap seseorang. Puisi cinta dapat mengubah emosional seseorang akan rasa cinta, mengikuti isi puisi yang dibacanya.

Sebagaimana cinta pada umumnya, puisi cinta juga mengandung berbagai ragam akan makna cinta. Bisa jadi, sebuah puisi cinta identik dengan seseorang yang tengah mabuk asmara. Setiap harinya teringat seorang yang menjadi pujaan hatinya. Kata-kata romantis selalu terucap di saat berbincang dengan orang tersebut atau dalam benaknya sendiri.

Sebaliknya, puisi cinta juga dapat membuat hati seseorang luluh kembali setelah sempat membenci. Setelah membaca sebuah puisi cinta, orang dapat berubah menjadi memiliki sifat penyayang dan lembut kepada seseorang yang dicintainya dalam keadaan senang maupun susah.

Contoh-Contoh Puisi Cinta Beserta Penjelasannya

DIAM MENUNGGUMU

Hari demi hari, ku tatap langit yang membiru
Di sini ku hanya bisa duduk diam terpaku
Menanti Dirimu yang telah lama tak kembali
Namun ku tahu, cinta kita akan terus abadi
Ku harap kau mengerti tentang keadaanku selama ini
Sampai kapanpun aku akan setia menanti

Penjelasan: Puisi cinta ini menggambarkan keadaan seseorang yang memendam rasa cinta terhadap kekasihnya yang sedang tak bersamanya. Ia akan terus menunggu seseorang yang ia harapkan kembali karena ia yakin bahwa cintanya akan abadi. Rasa cinta seseorang tidak ada yang tahu, meski hanya bisa diam, rasa cinta terhadap orang yang disayangi sangatlah besar.

 

CINTA YANG SETIA

Sayang…
Percayalah hariku selalu ada untukmu
Percayalah aku akan selalu menemanimu
Percayalah cinta kita tak akan lekang oleh waktu
Jangan pernah ragukan cintaku
Sayang…
I love you

Penjelasan: Puisi ini menggambarkan tentang cara seseorang untuk meyakinkan bahwa dirinya benar-benar mencintai pasanganya. Keraguan akan cinta memang harus segera untuk diyakinkan kembali. Karena pada dasarnya, keyakinan menjadi kunci untuk memiliki cinta yang setia.

 

CINTA DI KALA DIAM
Dalam diamku selalu menyebut namamu
Dalam diamku selalu berharap akan kesetiaanmu
Tak pernah sedikitpun ada niat untuk meninggalkanmu
Meski diriku pernah membencimu, tapi diriku sadar kaulah pelabuhan cintaku

Penjelasan: Puisi ini menggambarkan perasaan seseorang yang memendam rasa cinta terhadap seseorang. Dalam diamnya, ia mengharapakan kesetiaan orang yang dicintainya. Meski sebelumnya pernah membenci karena suatu hal, namun sebenarnya, rasa cinta yang utuh masih ada di dalam hatinya.

 

HARAPAN BERSAMAMU

Aku selalu berharap selalu ada rasa cinta di hatimu
Aku harap tak ada orang lain yang mengisi hatimu
Aku ingin menjadi satu-satunya yang ada di hatimu
Aku berharap untuk bisa selalu bersamamu

Penjelasan: Puisi ini menggambarkan sebuah harapan seseorang terhadap orang yang dicintainya. Harapan untuk bisa bersama, untuk menjadi satu-satunya, menjadi bukti akan cintanya. Sebuah ungkapan tentang perasaan yang sebenarnya, dan mengharap seseorang yang dicintainya dapat mengerti.

Demikian artikel mengenai puisi-puisi cinta yang dilengkapi dengan penjelasannya. Puisi cinta menjadi salah satu cara bagi mereka yang tengah mabuk asmara untuk mengungkapkan isi hatinya. Teruslah dalam semangat menulis puisi.

Leave a Comment