Puisi Cinta Sejati untuk yang Terkasih

Puisi cinta adalah suatu puisi yang di dalamnya mengandung unsur perasaan untuk memikat hati seseorang. Cinta sejati dapat diungkapkan dengan puisi. Cinta bukan hanya untuk kekasih saja, cinta berlaku untuk semua orang baik itu orang tua, guru dan lain sebagainya. Namun kata cinta sendiri kebanyakan tertuju kepada jalinan asmara antara lawan jenis.

Segala cara akan  dilakukan untuk membuat lawan jenisnya tertarik. Salah satunya dengan membuat puisi yang romantis; misalnya mengutarakan cinta melalui sebuah puisi dapat meluluhkan hati seorang wanita. Apalagi bila isi puisi di dalamnya sangat indah dan penuh makna, tentu hati orang yang kalian tuju akan mudah disentuh.
Bagi kalian yang ingin tahu seperti apa itu puisi cinta, kalian bisa melihat beberapa contoh puisi cinta sebagai berikut.

Cinta Sejati

Segala rintangan akan ku lalui
Susah dan senang kita hadapi
Tak perlu saling menyakiti
Akur selalu sampai tua nanti

Penjelasan: Puisi di atas menceritakan kisah cinta seseorang yang selalu bersama sampai tua nanti. Cinta sejati digambarkan akan selalu bersama meski dalam kesusahan maupun kebahagiaan. Semua hambatan mereka hadapi tanpa perlu saling menyakiti antara satu sama lain.

Apakah Ini Yang Dinamakan Cinta?

Rasa apa yang dialami diriku ini
Aku dan dia hanya sebatas teman saja
Aku sulit mengilangkan pandanganku ke dia
Jantung ini terus gemetar bila melihatnya
Apakah ini yang dinamakan cinta?

Penjelasan: Dalam puisi tersebut menggambarkan seseorang yang baru merasakan cinta pertama kalinya. Biasanya rasa berdebar pada detak jantung akan ada pada orang yang mengalami jatuh cinta. Bahkan ia selalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang yang sedang dirasakannya itu. Meski hanya sebatas teman, rasa yang dialaminya itu melebihi teman, melainkan seperti kekasih, hanya saja belum bisa diungkapkan.

Bulan Purnama

Cahayanya begitu indah
Memancarkan sinar yang terang
Memadukan kisah cinta ini
Terukir di bawah sinarmu

Penjelasan: Pada puisi di atas menceritakan kisah seseorang yang menyatukan perasaannya di bawah sinar bulan purnama. Nuansanya menjadi sangat indah di kala bulan purnama bersinar; cahayanya dapat memadukan kisah cinta mereka.

Aku Terlalu Rindu

Ku bawa segenggam emas
Kan kujadikan benda yang paling berharga
Secepat mungkin aku akan kembali
Hati ini sudah sangat rindu
Wajahmu selalu terbayang di mataku

Penjelasan: Pada puisi tersebut dijelaskan seseorang yang sangat rindu dengan kekasihnya. Ia pergi bekerja mencari segenggam emas untuk hadiah kekasihnya, dalam jarak yang jauh hatinya sangat rindu dan ingin segera kembali pulang.

Hati Gelisah

Entah ada apa dengan malam ini
Hatiku menjadi gelisah
Setiap malam ia selalu menelponku
Tapi malam ini tidak sama sekali
Apa yang sedang terjadi

Penjelasan: Pada puisi tersebut menggambarkan kegelisahan hati sang istri terhadap suaminya. Setiap malam sang suami selalu menelpon dirinya namun kali ini tidak, ia takut terjadi sesuatu pada suaminya.

Kelima puisi tersebut sama-sama mengandung makna cinta di dalamnya. Hanya saja kisah cintanya berbeda-beda sesuai dengan apa yang dialaminya. Buatlah puisi cinta sesuai dengan isi hati Anda, supaya kata-kata yang ada di dalamnya dapat menyentuh hati yang membaca. Membuat puisi dengan isi hati akan memberikan hasil yang berbeda bila dibandingkan dengan menulis puisi biasa. Biasanya, puisi yang dibuat dengan hati adalah suatu hal yang pernah terjadi diri kita. Hal itulah yang menjadikan puisi menghasilkan karya yang indah baik tulisan, kata-kata dan juga isinya.

3 thoughts on “Puisi Cinta Sejati untuk yang Terkasih”

Leave a Comment